10 Tips yang Dapat Mempengaruhi sebuah Presentasi

 

Bagaimana menjelaskan ide atau konsep yang sobat miliki kepada orang lain tentu memerlukan sebuah presentasi yang baik, kali ini lamaranbahasainggris.blogspot.com akan memberikan tips agar sobat dapat lebih memahami sebuah presentasi, karena selain harus memiliki kemampuan bicara yang baik dan menguasai materi dari konsep yang akan dijelaskan, sobat juga harus dapat menciptakan suasana agar mereka yang mendengarkan presentasi sobat dapat terpengaruh dan meyakinkan ide atau konsep yang dijelaskan dapat diterima.
10 Tips yang Dapat Mempengaruhi sebuah Presentasi
Berikut 10 tips saat presentasi

1. Kemampuan menguasai suasana
Membosankan, jika hal ini terjadi sudah pasti hasil kerja sobat akan sia-sia, karena audience akan sibuk dengan dirinya masing-masing, sesekali lontarkan pertanyaan keaudience agar terjadi interaksi dan diskusi singkat tentang ide atau konsep sobat, presentasi dengan slideshow akan sedikit membosankan, gunakan video untunk memperkaya bahan presentasi.

2. Jangan membaca isi slide
Kesalahan fatal dalam presentasi adalah membaca isi slide kata demi kata, jika sobat tidak memahami dengan baik isi presentasi bagaimana audience mempercayai ide atau konsep yang diutarakan, sedangkan sobat terus membaca isi slide, presentasi adalah tatap muka untuk meyakinkan, dengan melakukan kontak mata sobat dapat mengetahui apakah audience memahami yang sobat jelaskan dan juga kontak mata akan membuat presentasi menjadi lebih menarik.

3. Menggunakan bahasa tubuh
Memang tidak semua pembicara mempunyai kemampuan bicara yang baik namun dapat menggunakan bahasa tubuh untuk menarik perhatian dari audience, seperti seorang motivator, jarang sekali bukan seorang motivator hanya berdiri mematung sementara mulutnya berbicara, memberi penjelasan dengan tersenyum dan gerakan tangan selain memberikan kita rasa lebih rileks juga dapat mencerminkan bahwa kita memang sangat memahami konsep dari presentasi yang dibawakan.

4. Tunjukkan antusiasme
Agar pendengar tidak mengantuk sepanjang sesi presentasi, pembicara harus menunjukkan semangat selama menyampaikan materi presentasi yang disampaikan. Seperti Steve Jobs sering menggunakan kata amazing, cool, dan extraordinary ketika memperkenalkan berbagai fitur yang dimiliki perangkat andalannya saat itu.

Baca juga:

5. Jelaskan poin-poin penting yang ingin disampaikan
Sebelum memulai presentasi, baiknya menjelaskan kepada audience ada berapa poin penting yang ingin disampaikan dalam presentasinya. Memberikan panduan yang jelas di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai garis besar yang kita sampaikan, membantu pendengar lebih mudah menyimak materi yang disampaikan.

6. Buat angka menjadi berarti
Jika punya data berupa angka yang dapat menunjang presentasi, manfaatkanlah sampai optimal. Memberikan data melalui angka, terutama apabila angka yang disampaikan cukup signifikan, biasanya akan menarik perhatian pendengar dan penasaran untuk terus menyimak.

7. Latihan atau simulasi
Usahakan melakukan latihan dan simulasi walau ini bukan presentasi pertama sobat, agar materi yang disampaikan dapat dipresentasikan dengan lancar, tentunya latihan sangat diperlukan. Sebagai contoh kesuksesan presentasi yang dilakukan Steve Jobs kabarnya lahir dari belasan jam yang ia relakan untuk melatih terus menerus penyampaian presentasinya. Jangan lupakan juga detail penting, seperti slide yang menarik atau tulisan yang jelas terbaca sebagai bagian dari persiapan.

8. Kuasai materi
Menguasai materi artinya pembicara dapat memilih materi yang harus ditekankan dan materi yang dapat dihilangkan agar membuat presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan materi ini membuat pembicara akan menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi berjalan dengan baik.

9. Jiwai materi presentasi
Membawakan presentasi tidaklah sama seperti membacakan puisi, pembicara tidak perlu menghafal materi yang akan dibawakan tapi wajib memahami, setiap presentasi membutuhkan 2 hal, yakni harus hidup dan memiliki feel. Hal ini akan diperoleh jika pembicara menjiwai materi yang anda bawakan.

10. Background yang sederhana
Dalam presentasi jangan memasukan background yang terlalu rumit, utamakan nama produk atau nama konsep lebih menonjol dari background agar slide dapat mudah dipahami audience. Jangan sampai ada kalimat yang tidak bisa terbaca dengan jelas karena penggunaan banckground yang terlalu kontras.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber!!
10 Tips yang Dapat Mempengaruhi sebuah Presentasi 4.5 5 Street Artist Bagaimana menjelaskan ide atau konsep yang sobat miliki kepada orang lain tentu memerlukan sebuah presentasi yang baik, kali ini lamaranbaha...


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *